Home » » 5 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja

5 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja

Posted by CB Blogger

Yup! Interview. Siapa sih yang nggak tau interview? Semua orang tahu apa itu interview. Interview adalah proses wawancara yang dilakukan pada tahap awal seseorang ingin bekerja di suatu kantor atau perusahaan. Interview tidak hanya dilakukan oleh mereka yang telah lulus kuliah yang ingin melamar pekerjaan, interview juga dilakukan ketika agan-agan yang masih mahasiswa yang ingin mengikuti program internship atau magang. 


1. Be Confident! 

Kunci utama agar sukses interview adalah percaya diri. Bagaimana tidak? Dengan percaya diri, kamu akan lebih lebih fokus dapat dengan maksimal menunjukan jati dirimu. Ketika kamu percaya diri, maka kamu akan dapat menjalin komunikasi yang baik dengan si interviewer. Seperti yang saya bilang sebelumnya, interview adalah ajang untuk menunjukan kemampuan diri. Kebayang kan apa yang akan terjadi ketika akan PD maksimal? kamu akan dapat menunjukan kemampuan diri kamu dan menjelaskan semua skill yang kamu miliki. Interview memang sering kali membuat deg-degan, namun dengan kamu mengendalikan diri dan beruaha maksimal untuk percaya diri, maka kemungkinan deg-degan dan segala keraguan dalam menjawab pertanyaan interviewer akan sedikit berkurang. 

 2. Be Honest 

Tidak dipungkiri lagi bahwa ketika melakukan interview, pasti kamu ingin menunjukan semua kemampuan yang kamu miliki, namun terkadang beberapa pelamar pekerjaan ada yang melebih-lebihkan penjelasan dari jawaban yang dilontarkan interviewer, terutama pertanyaan mengenai kemampuan diri sendiri. Percaya diri memang bagus, namun kejujuran adalah yang terpenting. Lebih baik kamu mengatakan hal yang sejujurnya tentang diri agan agar pihak HRD perusahaan dapat menempatkan agan di pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Dalam dunia pekerjaan, membangun image yang baik adalah penting, jika agan melebih-lebihkan cerita tentang kemampuan yang kamu miliki maka akan adanya kemungkinan agan diletakkan di divisi yang sebenarnya tidak sesuai dengan kemampuan mu, yang dimana pada akhirnya kamu akan bekerja dengan tidak maksimal karena memang kamu memaksakan kemampuan diri sendiri. 

3. Come On Time 

Untuk bekerja di perusahaan manapun, pribadi yang berkomitmen dan pintar membagi waktu lah yang dibutuhkan. Dalam interview kerja, datang on time atau tepat waktu pun dapat menunjukan bahwa kita serius untuk bekerja di perusahaan tersebut. Selain datang tepat waktu, pencarian lokasi di hari sebelum melakukan interview juga sangat disarankan agar kamu tidak terlalu membuang waktu jika mencari saat hari H. 

 4. Good Atitude 

sepintar apapun kamu, tetapi jika sifat dan tingkah laku kamu tidak baik, maka tidak akan ada orang yang mau bekerja denganmu, tidak akan ada yang suka denganmu. Cobalah untuk selalu menerapkan 3S, Senyum, Salam, Sapa, karena terkadang SKSD memang diperlukan loh gan, walaupun tidak mengenali karyawan kantor, apa salahnya menyapa dan memberikan senyum? Secara tidak langsung, agan telah meyebarkan positive vibe dalam lingkungan kantor. Begitu juga ketika agan interview. Cobalah untuk sopan, sopan dalam arti menjaga kata-kata yang akan dibicarakan, jangan sampai berbicara dengan nada yang tinggi, bercanda sewajranya, karena memang terkadang sense of humor dapat membuat agan-agan lebih disukai oleh banyak orang loh! Yang terakhir, jangan smapai lupa untuk berjabat tangan pada awal dan akhir interview, dan ucapkan terimakasih. 

5. Talk To Yourself 

Menurut survei, berbicara kepada diri sendiri akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan mental loh gan. Mengulangi kata-kata dengan suara keras memercikan memori mengenai benda yang dikenal, membuat mereka lebih mudah terlihat dan ditemukan. Sama dengan ide. Agan-agan dapat berlatih wawancara dengan berbicara kepada diri sendiri, seakan-akan agan sedang melakukan proses interview. Selain itu, dengan berbicara sendiri, stres akan berkurang loh gan! Kamu secara tidak sadar akan merasa lebih rileks dan siap untuk melakukan proses interview. Nice try!


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.